ISFI online

Beranda » Ringkasan Talk » Penyelidikan agama-agama sebelum Islam

Penyelidikan agama-agama sebelum Islam

Ringkasan kajian kitab Ad-Din bersama ust. Dr. Anis Malik Thoha, Selasa, 29 Oktober 2011

Kajian agama sebelum Islam
Kajian agama-agama(perbandingan) belumlah dikenal sebelum datangnya ulama muslim, kalaupun ada itu hanya sebatas kajian dokumentasi ataupun hanya mengetahui sistem keimanan masyarakat setempat yang berupa mitos seperti yang terdapat pada masa Greek dan tidak berdasarkan sumber autotentik.

Sedangkan pada masa Romawi kuno hanya ada usaha untuk melebur agama-agama yang ada (sinkritisme), mereka tidak menerima agama apa adanya tetapi mengambil sesuatu yang hanya dapat diterima di masyarakat .

Adapun pada masa Kristen kajian agama mengalami stagnasi demikian juga di India dan pada kaum Yahudi. Hal Ini disebabkan karena mereka menutup diri terhadap agama lain dan menganggap bahwa agama selain mereka tidak perlu untuk dikaji ataupun diketahui, bahkan lebih jauh, India misalnya- mereka menganggap bahwa hanya agama merekalah satu-satunya agama yang boleh dipelajari dan golongan mereka adalah golongan yang paling cerdas; orang selain India dianggap najis.

Sedangkan orang yahudi mengganggap bahwa bangsa mereka adalah bangsa pilihan (عقيدة الإستفاء أو الاختيار الإلهي). Dan Lebih parah lagi orang Kristen yang tidak mengakui agama lain.

Dari sekian banyak bangsa diatas –menurut ustad Anis- India lebih baik karena tidak memberangus/membekukan seluruh pemikiran, mereka masih membuka diri di bidang pengkajian astronomi dan matematika dan ilmu alam lainnya -yang oleh Kristen dan yahudi pemikiran ini ditutup sama sekali.

Kebekuan atau ketidakadasamasekalian pengkajian agama oleh orang penganut agama selain islam, diakui oleh Dr. Anis Malik Thoha, beliau mengatakan bahwa beliau sudah mengunjungi pustaka yang ada di dunia, dan tidak menemukan buku yang membahas tentang kajian agama selain yang ditulis oleh ulama islam. –adapun kajian agama yang kita dapati sekarang ini adalah kajian agama berdasarkan prinsip kajian modern.

Pengkajian agama-agama oleh ulama muslim.

Pengkajian agama secara akademis dilakukan oleh al-Biruni dimana beliau mengadakan penelitian langsung (sebelum beliau ada yang meneliti tentang agama di India tapi bukan penelitian langsung) terhadap penduduk India dalam rangka untuk mengetahui sistem kepercayaan masyarakat –spiritual- sekaligus mengetahui peradaban mereka. Hasil penelitian beliau tulis dalam bukunya (تحقيق ما للهندي). Dalam bukunya beliau tidak ada menyebut nama “agama Hindu” tetapi “الديانة الهندي”/البراهمة. Ini menunjukkan bahwa agama Hindu yang ada sekarang merupakan agama yang dibuat oleh orang India.

Karya beliau lainnya (sebelum تحقيق ما للهندي ) adalah الآثار الباقية عن القرون الخالية (ketika menulis buku ini umur beliau 25 tahun) yaitu buku yng membahas tentang agama-agama sebelum datangnya Islam.

Al-Biruni boleh juga dikatakan sebagai bapak pengkaji agama karena beliau telah meletakkan dasar-dasar pengkajian agama. Dari buku al-Biruni ini –menurut Dr. Anis- selain tentang pengetahuan agama, kita dapat mengambil pelajaran lain salah satunya tentang bahasa.

Kajian agama oleh sarjana non muslim (modern).

Untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh Max Muller (1823-1900 – lihat: Chips from German Workshop *1867* dan Introduction to the Study of Religion *1873*) dimana beliau berpendapat bahwa perbedaan agama hanyalah masalah perbedaan bahasa. Maksudnya, perbedaan agama itu hanyalah perbedaan pada penamaan suatu agama.

Menurut Dr. Anis pendapatnya ini tidak terlepas dari worldview Max yaitu sekuler yang mencoba mengkaji agama lepas dari sistem keyakinan. Padahal –menurut Dr. Anis- ketika seseorang itu berbicara masalah agama maka mereka tidak bisa lepas dari worldview mereka.

 

* ditulis oleh Ali Rakhman, Mahasiswa Program Master IRKH, IIUM dan Peneliti ISFI

 


5 Komentar

  1. agoessaliem mengatakan:

    kitab al-Diin nya bisa di download ga?

  2. rega mengatakan:

    semua agama sama,ga ada yg ngajarin yg buruk,kenapa saya bisa bicara begitu, .karna saya udh tau inti pengajaran semua agama, . . .yg bikin jelek hanya orang yg menganut nya saja. .

  3. Luken mengatakan:

    Usul: agar rekaman kajian bisa diupload di blog ini….syukran

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Terpopuler

%d blogger menyukai ini: