ISFI online

Beranda » Reportase » Pelatihan Jurnalistik bersama Bpk. M. Anwar Djaelani (Galery)

Pelatihan Jurnalistik bersama Bpk. M. Anwar Djaelani (Galery)

Dalam kunjungannya ke Kuala Lumpur, Bpk. M. Anwar Djaelani menyempatkan silaturahim dan berbagi ilmu dengan kawan-kawan ISFI(25/2). Sebagai orang yang berpengalaman dalam dunia jurnalistik dan kepenulisan, beliau sangat capable untuk menyampaikan tema ini. Disamping aktiv sebagai kolumnis di Koran Jawa Pos dan Surya dan, beliau telah menghasilkan beberapa buku. Bukunya yang terbaru berjudul “Warnai Dunia Dengan Menulis”. Alhamdulilah beliau menghadiahkan satu copy untuk ISFI.

Dalam pelatihan yang dibagi menjadi dua sesi ini; pagi dan petang, dan dihadiri juga oleh Dr. Syamsuddin Arif (INSISTS) dan dr. Jamal (Inpas Bandung), Bpk. M. Anwar Djaelani memaparkan tentang menulis dan signifikansinya dalam mengawal tatanan hidup masyarakat, terlebih di era informasi ini. Dijelaskan juga tentang anatomi-anatomi sebuah tulisan(opini), mulai dari tema, judul, lead, dst. Masing-masing anatomi diberikan tips-tips khusus, agar kemudian menghasilkan sebuah tulisan bernas.

Sangat berkesan, pemaparan beliau tidak hanya berputar di teori, tapi banyak bersifat motivasi dan pancingan untuk memulai aktivitas menulis. Menurut beliau, menulis itu mudah, semudah seseorang berkata-kata. Kaidah ini juga beliau masukkan dalam menulis resensi dan buku. Pelatihan ini juga menarik karena diformat ‘santai’, peserta bisa langsung menyela, bertanya, atau menyampaikan unek-unek atau kegelisahannya dalam menulis. Dengan model interaktiv ini, suasana pelatihan terasa hidup dan efektiv.

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Terpopuler

%d blogger menyukai ini: